Friday 22 July 2016

OBJEK WISATA PULAU TIDUNG YANG COCOK UNTUK KELUARGA

yaitu pulau paling besar dalam gugusan pulau-pulau yg ada di Kepulauan Seribu. Pulau rumah warga ini mempunyai luas kira kira 109 ha dgn komunitas kurang lebih 5000 jiwa. Nama Pulau Tidung berasal dari kata Tidung (dalam aksen masyarakat setempat kepada dikala itu), yg artinya lokasi berlindung, lantaran pulau ini tidak jarang dijadikan yang merupakan lokasi buat berlindung dari bajak laut atau perompak, Sehingga Pulau ini disebut Pulau Tidung yakni pulau utk ruang berlindung.

Menurut Buku Sedjarah Djakarta, yg terbit th 1960 atau 1970-an diceritakan, disaat Fatahillah menyerbu Portugis di Malaka, dirinya memakai pulau-pulau di teluk Jakarta ini yang merupakan basis mengatur taktik terhadap era dulu, salah satunya yaitu Pulau Tidung. Berdasarkan keterangan warga setempat, Pulau Tidung sejak mulai ditempati oleh penduduknya kira kira thn 1920-an. Terhadap saat itu ada satu orang penjaga pulau yg didatangkan dari Rawa Belong, Jakarta Barat. Terhadap th 1942 ( kala penjajah Jepang datang ke Indonesia) warga Pulau Tidung pernah diungsikan ke daerah Tegal Alur Jakarta Barat.



Pengungsian tersebut terjadi selagi tiga thn, sampai thn 1945, seterusnya warga tersebut akan kembali ke pulau Tidung sesudah Penjajahan Jepang lengser. Sekarang Pulau Tidung jadi pusat Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan yg membawahi 3 Kelurahan antara lain : Kelurahan Pulau Pari, Kelurahan Pulau Untung Jawa & Kelurahan Pulau Tidung. Pulau Tidung terhampar membujur panjang dari barat ke timur & jadi 2 sektor (Tidung Agung dan Tidung mungil) memiliki Objek- objek yg bakal dikunjungi seperti :

Jembatan penghubung Pulau Tidung Agung dan Pulau Tidung Mungil

Para visitor menamai jembatan ini “jembatan cinta”. Ruangan ini paling tidak sedikit didatangi wisatawan. Jembatan yg panjangnya kurang lebih 2.5 kilometer ini terkesan eksotik & cantik. Terlebih terhadap kala “sunrise” dan “sunset” tiba. Para wisatawan berlomba menuju jembatan buat berfoto- poto menikmati keindahannya atau mengabadikannya bersama berfoto- poto.

Pantai Tanjongan Timur


Pantai ini cocok didepan Jembatan penghubung. Tidak Sedikit wisatawan yg menghabiskan ketika dipantai ini, tidak hanya pasirnya yg putih, disini pun tidak sedikit tenda- tenda mungil bakul makanan atau area duduk buat sekedar minum atau nongkrong. Bagi wisatawan yg berlibur dgn keluarga, pantai ini amat sangat serasi main-main & renang di seputar pantai ini.

No comments:

Post a Comment